Jumat, 16 Oktober 2015

Pengantar Bisnis Informatika - Interview pada pengusaha di bidang IT

Pertanyaan 1.
Usaha apa yang anda jalani sekarang?

Jawab: Startup di Bidang Teknologi Informasi.

Pertanyaan 2.
Jasa apa saja yang anda tawarkan untuk konsumen?

Jawab: Kami menawarkan jasa untuk pembuatan sistem, Profile Company, E-commerce dan installasi dasar jaringan.

Pertanyaan 3.
Sampai saat ini, usaha anda sudah mencakup area mana saja? Atau bahkan anda sudah memiliki cabang?

Jawab: Saat ini hanya meng-cover daerah sekitar saja yaitu Depok dan Jakarta.

Pertanyaan 4.
Apakah anda bekerja secara individu atau tim? Berapa jumlah karyawan anda dalam tim tersebut?

Jawab: Kami bekerja secara tim yang terdiri dari 2 orang, tetapi kami terkadang mengambil orang untuk freelence jika pekerjaan sudah terlalu banyak.

Pertanyaan 5.
Kira-kira berapa omzet yang bisa anda peroleh per tahunnya?

Jawab: Untuk omzet pertahum berkisar antara 20-50 Jt per tahun.

Pertanyaan 6.
Apa yang membuat anda tertarik untuk menjalankan usaha di bidang ini? Apa motivasinya?

Jawab: Karena basic kami kuliah di bidang teknologi, selain hobi usaha ini juga untuk mencari pengalaman dan juga mencari penghasilan.

Pertanyaan 7.
Siapa orang di balik layar yang sudah men-support anda sampai sejauh ini?

Jawab: Sejauh ini support secara non-materil berasal dari orang tua dan teman-teman, namun secara materil berasal dari internal kami.

Pertanyaan 8.
Bagaimana sepak terjang usaha yang anda jalani?

Jawab: Dari awal kami menjalani sudah banyak perkembangan dan saat ini kami sudah meng-handle project menengah ke atas.

Pertanyaan 9.
Apakah anda pernah mengalami kendala? Kendala seperti apa yang anda pernah alami?

Jawab: Kendala yang paling sering adalah mewujudkan keinginan klien yang kadang agak sulit, dan masalah waktu pengerjaan yang terkadang sangat sempit.

Pertanyaan 10.
Klien seperti apa yang sering anda jumpai? Apakah konsumen yang menyenangkan atau menjengkelkan?

Jawab: Klien yang menyenangkan dan menjengkelkan sudah penah kami dapat, namun kami selalu berusaha menangani dengan sebaik-baiknya.

Pertanyaan 11.
Lalu bagaimana sikap anda jika menghadapi konsumen seperti itu?

Jawab: Jika konsumen yang menjengkelkan, biasanya kita akan memberikan penjelasan yang lebih detail agar mereka bisa mengerti apa yang sebenarnya kita lakukan agar mereka tidak terlalu meminta atau menanyakan hal yang terkadang kami pun sulit untuk menangani.


Deskripsi



Gambar di atas merupakan moment dimana Bhery mewakili dari kelompok kami untuk meng-interview Hilman, yang membuka usaha di bidang Teknologi Informasi.


handapeunpost